Search Suggest

Panduan Aplikasi Administrasi Sekolah



Panduan Aplikasi Administrasi Sekolah


Bismillahirohmannirrohim..
Kesempatan ini saya akan menjelaskan cara memakai Aplikasi Administrasi Sekolah/Madrasah yang semoga bermanfaat untuk kita semua.

Ini Aplikasi dirancang untuk memudahkan para Tata Usaha ( TU ) sekolah dalam menjalankan tugasnya dan meminimalisir kesalahan dalam membuat beberapa tugasnya. Oke langsung aja PERTAMA

1.       Tahap Awal ( Masuk /Login )
Untuk pertama anda masuk LOGIN terlebih dahulu pada form login

Anda hanya cukup memasukan password “wayit” pada kolom terus klik menu “masuk”

2.       Tahap kedua, Setelah anda benar memasukan password, maka akan muncul tampilan berikut :
Isikan semua data yang diminta, mengenai profil lembaga dll, Ingat Jangan Copy paste, ( jika Ingin copy paste, pastikan menggunaka paste special – value ) tujuannya agar tidak merusak format kolom yang ada. Setelah semua terisi maka pada tahap berikutnya
3.       Tahap ketiga masukan data siswa, ( Jika Copy Paste ) pastikan menggunakan paste special - value
4.       Tahap ketiga masukan data Guru, ( Jika Copy Paste ) pastikan menggunakan paste special - value
5.       Masukan Logo
Semua Logo bersumber dari sini jadi pasang yang Jangan sampai melebihi Batas Garis biar bagus
6.       Pada Tahap berikutnya adalah “buku induk” semua cell terkunci tidak bias diubah, hanya pada cell NIS yang tidak terkunci dan yang bias diubah,
Pilih NIS Siswa maka akan muncul dropdown yang bersumber dari data siswa, klik pada NIS yang diinginkan maka data akan berubah secara otomatis
7.       Pada Menu “Jurnal” Kode guru nama guru dan mata pelajaran akan secara otomatis berubah, tergantung pada kelas yang  dipilih
8.       Ditahap menu “SK Yayasan” Pilih Nama Guru dari dropdown yang keluar secara otomatis dari data guru yang jenengan inputkan diawal, pilih nama guru maka akan otomatis data lainya berubah mengikuti IDnya

9.       Pada menu “pembagian tugas” anda cukup cetak langsung, karena semua datanya sudah terserap dari Profil lembaga, yang jenengan masukan diawal
Pada menu jadwal, bias anda kondisikan pada sekolahan masing2, bagi yang libur minggu bias langsung mengubah harinya pada menu, Begitupun untuk yang liburnya jumat :
Untuk Kode Guru dan MAPEL, anda tinggal klik dropdown-pilih maple yg dikehendaki ( jangan ketik manual )
Pada bagian bawah akan muncul rekap jam pelajaran yang akan dihitung secara otomatis :
10.   Pada tahap berikutnya adalah rekap jadwal, (cukup Jelas )
11.   Wali kelas, (cukup Jelas )
12.   ROMBEL, Isiskan data ombel ( Cukup Jelas )

PENILAIAN
13.   MENU UTAMA, pada :
a.       Nama Kegiatan : Isikan nama kegiatan
b.      Jenis Kegiatan   : Pilih Dropdown ( Semesteran atau Ujian Sekolah ) UTS masuk kategori semesteran
c.       Nomor SK           : Isi nomor SK
d.      Tanggal SK          : Isi tanggal SK
14.   SK Ujian, diisi nomor,tanggal dan perihal SK yang diSKan
15.   Lamp1, Kepanitiaan, bisa diedit sendiri
16.   Lamp2, bisa diedit sendiri
17.   KKM, disikan sesuai KKM bapak ibu, begitupun pada Keterangan nilai bisa diedit sesuai kebutuhan
18.   Kartu Peserta, diedit Nama Ruangnya
19.   Input Nilai ( Cukup Jelas )
20.   Cetak Nilai ( Cukup Jelas )
21.   Chart ( Cukup Jelas )
22.   SKTM ( Cukup Jelas )
23.   Alokasi Waktu ( Cukup Jelas )

PPDB
24.   Cukup Jelas

Cara mengatur kertas dan Cetak :
Cara mengatur kertas adalah dengan cara
1.       Klik menu “printer”
2.       Klik properties
3.       Pada “document Size” pilih User-Defined

                Pastikan pada “Unit: pilih “inch”
Pada Paper Width : isikan  8.50
                Pada Paper Hight  : Isikan 13.00
                Klik OK

                Print , ( Jelas )


Demikian dan sekian, jika ada hal yang kurang jelas hub/SMS/Whatsapp 082336191116 / wayitekop@gmail.com

Dowload :

Posting Komentar