Search Suggest

Contoh Surat Peminjaman Uang

Sebuah suntikan dana menjadi sebuah nyawa bagi usaha yang tengah berkembang. Dimana suntikan dana tersebut biasanya di gunakan untuk pengembangan usaha. Modal yang di dapatkan tentunya akan bermanfaat. Biasanya modal bagi para pengusaha di dapatkan dari pinjaman kerabat ataupun dari lembaga keuangan swasta ataupun negeri. Tentunya untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan yang bersifat swasta ataupun negeri harus menggunakan jaminan yang sepadan dengan modal yang di kucurkan. Hal tersebut menjadi salah satu aturan mengingat kegiatan tersebut hendaknya harus menguntungkan kedua belah pihak. Disisi lain bisa saja tidak menguntungkan bagi pihak tertentu namun sebaiknya tidak merugikan salah satu pihak baik peminjam atau yang meminjami.

Contoh-Surat-Peminjaman-Uang

Kegiatan peminjaman uang bukan sebuah kegiatan yang main-main. Mengingat uang merupakan salah satu barang berharga sebuah penimbun kekayaan. Dengan demikian ketika melakukan kegiatan peminjaman uang harus dibuat surat peminjaman uang. Dimana surat tersebut menjadi penjelas siapa yang meminjam, jumlah yang dipinjam, orang yang meminjami, batas pengembalian dan juga barang sebagai jaminan. Untuk lebih detailnya bisa di lihat pada contoh surat peminjaman uang.

Contoh Surat Peminjaman Uang Yang Tepat


Bagi anda yang akan melakukan kegiatan peminjaman uang atau pun orang yang meminjami uang, tentunya harus mengerti akan contoh surat peminjaman uang. Dengan demikian akan terjadi kejelasan diantara kedua belah pihak melalui contoh surat peminjaman uang. Dengan kata lain surat yang akan anda buat ini bisa menjadi alat bukti yang sah bagi kedua belah pihak. Nah untuk lebih lengkapnya anda bisa menyimak contoh surat resmi peminjaman uang berikut ini.

Contoh Surat Peminjaman Uang ke Perusahaan


Pekalongan, 1 Oktober 2015
Kepada Yth.:
Manager Keuangan
PT. Sekar Maju Jaya
Jl. Tambak Raya No.12 Purwokerto

Dengan hormat,
Dengan ini saya:
Nama : Sukma Andini, S.Kom
No. KTP : xxxxxxx
Jabatan : Asisten Manager Keuangan PT. Sekar Maju Jaya
Alamat : Jl. Kebokura No. 12D Pekalongan

Bermaksud mengajukan permohonan pinjaman kepada perusahaan sebesar Rp 20.000.000,- yang akan saya gunakan untuk membayar uang masuk kuliah anak saya yang baru saja diterima di Universitas Trisakti Jurusan Akuntansi. Adapun besarnya cicilan pembayaran yang mampu saya lakukan adalah sebesar Rp 2.000.000,- dengan cara potong gaji langsung sehingga pinjaman saya akan lunas dalam 10 bulan.

Sebagai informasi, saat ini saya sedang tidak ada pinjaman lain, baik pinjaman dari dalam area perusahaan maupun diluar area perusahaan sehingga saya sangat yakin bahwa saya bisa melakukan cicilan pembayaran  dengan tertib dan pinjaman saya akan lunas tepat pada waktunya.

Demikian surat permohonan pinjaman ini saya buat, mohon untuk segera dipertimbangkan. Atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan banyak terima aksih.


Hormat saya,





Dewi Andina, S


Contoh Surat Peminjaman Uang Terbaru

Walaupun pelaku dari surat peminjaman uang tersebut hanya di lakukan oleh perorangan bukan sebuah lembaga atau instansi, surat tersebut juga memiliki kekuatan yang sah. Dimana contoh surat peminjaman uang diatas bersifat fleksibel. Dengan kata lain, surat di atas bisa di ikuti pada bagian format dan tata cara penyusunannya. Selain itu mengingat surat tersebut bersifat resmi, tentunya bahasa dan diksi yang di pilih pun harus tepat.


Nah itulah surat sebagai bukti peminjaman uang yang resmi, tentunya surat tersebut bisa menjadi panduan anda dalam melakukan kerjasama dalam hal keuangan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar