Search Suggest

Rumus CHISQ.INV.RT

Rumus CHISQ.INV.RT yang terdapat dalam Ms. Excel dapat kita fungsikan untuk menghasilkan nilai kebalikan dari suatu kemungkinan arah kanan untuk distribusi chi-kuadrat. Apabila probility=CHISQ.DIST.RT(x,....), maka CHISQ.INV.RT(probility,...)=x. Kita dapat menggunakan rumus ini untuk membandikan hasil yang kita amati dengan salah satu yang diharapkan, untuk membandingkan apakah hipotesa asli kita valid atau tidak.

Rumus : =CHISQ.INV.RT(probility,deg_freedom)
  • probility merupakan nilai kemungkinan yang kita hubungkan dengan distribusi chi-kuadrat yang datanya harus kita isikan.
  • deg_freedom merupakan tingkat angka bebas yang datanya harus kita masukan.
  • Apabila salah satu argumen yang kita masukkan bukan data numberik, maka CHISQ.INV.RT akan menampilkan nilai kesalahan #VALUE!.
  • Apabila probility<0 b=""> atau probility>1, maka CHISQ.INV.RT akan menampilkan nilai kesalahan #NUM!.
  • Apabila deg_freedom bukan integer, maka nilainya akan diabaikan (truncated).
  • Apabila deg_freedom<1 b="" nbsp="">atau >10^10, maka CHISQ.INV.RT akan menampilkan nilai kesalahan #NUM!.
Dengan mempertimbangkan nilai kemungkinan (probility), CHISQ.INV.RT akan mencari nilai x seperti pada CHISQ.DIST.RT(x,deg_freedom)=probility. Jadi ketepatan data CHISQ.INV.RT tergantung pada ketepatan CHISQ.DIST.RT. 
CHISQ.INV.RT akan memakai tekhnik pencarian interaktif. Apabila pencarian tidak ditemukan setelah 64 pengulangan , rumus akan menampilkan nilai kesalahan #N/A.

Contoh :
Contoh Data Input Rumus CHISQ.INV.RT


Rumus
Keterangan
Hasil
=CHISQ.INV.RT(A2,A3)
menghitung nilai kebalikan dari kemungkinan arah kanan untuk distribusi chi-kuadrat
18.3069735



Posting Komentar