Jika anda sedang mencari kerja, maka salah satu hal yang harus anda buat ialah daftar riwayat hidup, selain itu juga surat lamaran kerja yang bisa anda buat dengan baik dan benar. Membuat daftar riwayat hidup atau biasa juga di sebut Curiculum Vitae (CV) memang bervariasi, tergantung masing-masing orang artinya format penulisan daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan meskipun dalam pembuatanya ada beberapa hal yang harus anda tuliskan/infokan ketika membuat surat lamaran kerja seperti halnya; daftar pribadi, riwayat pendidikan, kemampuan/keahlian, pengalaman kerja.
Tips Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Baik
Beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika membuat CV atau daftar riwayat hidup yang baik dan benar sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini;
- Tuliskan hal-hal yang penting saja, jika pengalaman kerja anda banyak, sebaiknya tulis pengalaman kerja yang sesuai dengan posisi yang dilamar
- Kalimat mudah dipahami dan tidak bertele-tele
- Menulis daftar riwayat hidup sesuai dengan keadaan, tidak perlu anda berlebihan apalagi sampai memalsukan
- Jika surat lamaran anda kirim via email sebaiknya pada daftar riwayat hidup anda tambahkan foto formal, namun jika surat lamaran di kirim via pos "di cetak" maka anda tidak perlu menambahkan foto dalam CV anda
- Penulisan CV sebaiknya cukup 1-2lembar saja
- Tuliskan point-point berikut di cv anda; data diri, pendidikan, kemampuan, dan pengalaman kerja (jika ada)
Contoh Format CV Daftar Riwayat Hidup