Untuk totorial microsoft access penulis akan share cara membuat form beserta fungsi tombol-tombol standart yang biasanya di temui dalam form aplikasi access, seperti misalnya fungsi dari tombol tambah field, tombol save field, tombol edit field, tombol delete field, tombol print data dan tombol close. Pada artikel sebelumnya juga sudah dijelaskan mengenai pengertian access itu sendiri, cara membuat database access, membuat query access, jadi jika rekan belum paham pastikan untuk membaca artikel tentang tutorial access sebelumnya.
Jadi untuk membuat form dalam access ada beberapa hal yang harus rekan lakukan, pertama sudah membuat database dan tabel dari ms access jika belum tahu caranya bisa membaca artikel sebelumnya tentang cara membuat database dan tabel di access, jika sudah selajutnya atau yang kedua rekan sudah membuat query access, meskipun ini tidak harus tapi setidaknya rekan sudah bisa membuatnya. Oke jika sudah langsung ke tutorial utama cara membuat form di ms access.
Tutorial Microsoft Access Cara membuat Form di Ms Access
1. Silahkan buka database dan tabel yang sudah pernah rekan bikin sebelumnya menggunakana ms access
2. Kemudian pilih menu Create >> Form Wizard, maka akan tampil halaman seperti ini
3. Pada bagian Tables/Queries rekan pilih salah satu, jika ingin mengambil data dari tabel berarti pilih tabel, namun jika ingin mengambil data dari query berarti pilih query.
4. kemudian masukkan semua field yang ada di query ataupun tabel yang rekan pilih tadi dengan dengan menekan tombol >> lalu pilih tombol Next untuk melanjutkan, detail seperti ini :
5. Selanjutnya rekan akan dihadapkan dengan pilihan form desagn yang ingin digunakan, misal disini saya pilih yang mode columnar "standart" dan klik Next untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.
6. Setelah itu akan tampil untuk pengisian judul form yang akan digunakan pada pilhan What title... lalu klik tombol Finish untuk mengakhiri.
Disini rekan sudah bisa membuat form di access, selanjutnya biasanya dalam form program aplikasi database diperlukan tombol perintah yang biasa digunakan untuk menambah, mengedit, menghapus ataupun mencetak halaman field yang sudah ada.
1. Rekan pilih form yang akan ditambahkan perintahnya, kemudian pilih menu View >> Design View, seperti ini
2. Pada bagian Form Design Tool, pilih tab menu Design >> Button, maka akan muncul tampilan seperti ini
3. Selanjutnya pilih pada bagian Record Operations >> Add New Record untuk menambahkan perintah "Tambah/Add" field. lalu klik tombol Next
4. Maka akan dihadapkan untuk tambilan button yang ingin rekan tampilkan, disini ada 2 mode biasanya yang pertama Text biasa dan yang kedua mode gambar, misal disini saya pilih yang mode text saja dengan mengisikan perintah "TAMBAH"
5. Kemudian klik tombol Finish, buatlah perintah standart dari button hingga hasilnya seperti ini
Ulangi cara no 2 diatas, untuk membuat perintah Simpan "Save Record", Hapus "Delete Record", dan Close seperti langkah diatas, namun untuk perintah "print preview" pilih categories Report Operations >> Preview Report.
Dan untuk menjalankan apakah fungsi tombol (tambah, hapus, simpan, print preview dan close) sudah berjalan dengan normal atau tidak rekan bisa mengetesnya melalui View >> Form View.