Search Suggest

Membuat Query di Ms Access

Dalam artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang query di microsoft access, jadi dalam artikel kali ini saya tidak perlu terangin panjang x lebar mengenai query ya. karena saya aggap sudah pada tahu maksudnya. Jadi untuk artikel kali ini tutorial cara membuat query di microsoft acces 2010/2013.

Membuat Query di Microsoft Access
Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah menyiapkan tabel tabel yang sudah pernah di buat, bagi yang belum tahu cara membuat database dan tabel di ms access bisa membaca tutorialnya di artikel sebelumnya ini
Kemudian jika sudah dibuka database dan tabelnya, maka pilih tab menu Create >> Query Design, tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan tabel yang ingin di jadikan acuan dalam query yang akan dibuat, misal disini ada 2 pilihan tabel siswa dan tabel mapel, rekan bisa memilih salah satu tabel atau memilih semuanya dengan memilih tabel dan klik tombol Add, klik Close jika sudah


Setelah itu rekan bisa memasukkan field-field yang ada di tabel tersebut, dengan memilih field seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini

Jika rekan ingin menambahkan kriteria tertentu, semisal ; ingin menampilkan nama siswa yang bernama Hasan, maka pada bagian criterian di field Nama_siswa rekan tuliskan "Hasan".

Kemudian untuk melihat hasilnya rekan bisa memilih menu Run, atau bisa juga Memilih View >> Datasheet View.

Note : untuk kriteria, rekan bisa menerapkan untuk memanggil kriteria tertentu sesuai dengan contoh masalah yang rekan ingin selesaikan, yang terpenting jika ingin mencari data dengan type teks gunakan " " (tanda petik)

Posting Komentar